Artikel & Video

Coronary Artery Disease

Penyakit arteri koroner berkembang ketika pembuluh darah utama yang mensuplai darah ke jantung menjadi rusak atau sakit. Deposit (plak) yang mengandung kolesterol di arteri koroner dan peradangan biasanya menjadi penyebab penyakit arteri koroner.

Selengkapnya

Wasir/ Ambeien

Hemoroid, yang juga disebut wasir atau ambeien, adalah pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah di sekitar rektum atau anus.

Selengkapnya

Xanthelasma

Xanthelasma adalah plak kekuningan yang diakibatkan gumpalan lemak yang muncul di kelopak mata. Gumpalan lemak ini adalah kolestrol yang menumpuk dibawah kulit mata

Selengkapnya

HEMOFILIA

Hemofilia adalah gangguan pembekuan darah yang bersifat herediter (diturunkan secara genetik oleh orangtua). Hemofilia A disebabkan karena kekurangan faktor VIII (FVIII), sedangkan hemofilia B disebabkan karena kekurangan faktor IX (FIX).

Selengkapnya

Luka Bakar : Definisi, Jenis, dan Tatalaksana awal

Luka bakar : cedera kepada badan yang disebabkan oleh panas, listrik, kimia, radiasi atau gas yang dimana keparahan cedera ditentukan dari jumlah, lama paparan kepada selular dan sifat dari penyebabnya

Selengkapnya

KETUBAN PECAH DINI

Ketuban Pecah Dini (KPD) merupakan pecahnya selaput ketuban sebelum adanya tanda-tanda persalinan. Secara umum, dikenal KPD aterm yaitu ketuban yang pecah pada atau setelah usia kehamilan 37 minggu atau lebih dan KPD preterm yaitu ketuban yang pecah sebelum usia kehamilan 37 minggu.

Selengkapnya